Skip to content Skip to main navigation Skip to footer

  1. SEJARAH

Keberadaan Fakultas Syari’ah saat ini tidak bisa dilepaskan dari akar sejarah STAI Miftahul Ulum Pamekasan yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Yayasan Al-Miftah Panyepen Pamekasan, Nomor 25/SK-Yalmi/03/VII/1994, tanggal 14 Juli 1994 dan mendapatkan legalitas dari pemerintah dengan keluarnya izin operasional melalui Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia tanggal 19 Juli 1995 Nomor 322 Tahun 1995 dengan status ”terdaftar” dengan kewenangan menyelenggarakan 2 (dua) Jurusan;  Jurusan Dakwah Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) dan Jurusan Syariah Prodi Al Ahwal al Syakhsiyah (AS). Akan tetapi dalam pelaksanaannya STAI Miftahul Ulum Pamekasan pada saat itu (1995) hanya melaksanakan perkuliahan pada Jurusan Dakwah Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) dengan beberapa pertimbangan. Baru pada Tahun Akademik 2000/2001 STAI Miftahul Ulum Pamekasan merealisasikan perkuliahan pada Jurusan Syariah Prodi al Ahwal al Syakhsiyah (AS).

Melalui proses, penataan, dan pembinaan kelembagaan yang turus dilakukan secara intensif, baik dari peningkatan mutu, kelengkapan administrasi, fasilitas, sarana dan prasarana, maupun dari peningkatan jumlah tenaga pendidik dan kependidikan dan sebagai legalitas pendidikan tinggi, maka pada Tahun Akademik 2009/2010 Jurusan Syariah Prodi al Ahwal al Syakhsiyah (AS) dan Jurusan Dakwah Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam mengajukan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) di Jakarta.

Akhirnya, harapan dan keinginan dari stake holder dan masyarakat terjawab dengan diterimanya usul pengajuan Alih Status dari STAI Miftahul Ulum menjadi Institut Agama Islam Miftahul Ulum (IAI MU) oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam melalui Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor; 325 Tahun 2021 tentang Izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAI MU) Pamekasan menjadi Institut Agama Islam Miftahul Ulum (IAI MU) Pamekasan tertanggal 12 Maret 2021.

Beralihnya status dari STAI MU menjadi IAI MU yang merupakan amanat dan nikmat yang besar dari Allah SWT, disikapi oleh civitas akademika IAI MU dengan melakukan beberapa strategi; 1) pengembangan manajemen perguruan tinggi secara kelembagaan, (2) peningkatan SDM (tenaga pendidik dan kependidikan), (3) peningkatan sarana dan pra-sarana, (4) peningkatan proses pendidikan dan mutu lulusan, dan (5) perluasan kerja sama dengan berbagai pihak untuk pengembangan dan peningkatan mutu IAI MU.

Disamping itu dalam upaya peningkatan SDM IAI MU mendorong dan memberi kesempatan bagi para dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hingga tahun 2021 IAI MU telah memberi kesempatan 10 tenaga dosen untuk melanjutkan ke jenjang S2 dan S3.

Visi

Menjadi Fakultas yang unggul dan terkemuka dalam integritas dan pengembangan ilmu hukum dan ekonomi syariah yang berdasarkan nilai-nilai Ahlussunnah Waljamaah pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu hukum dan ekonomi syariah secara integratif dan interkonektif yang berdasarkan pada nilai-nilai Ahlussunnah wal jama’ah.
  2. Mengembangkan budaya riset dalam bidang ilmu hukum dan ekonomi syariah secara sistematis, inovatif, multidisipliner dan komprehensif.
  3. Meningkatkan partisipasi aktif fakultas dalam pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu hukum dan ekonomi syariah.
  4. Mengembangkan jaringan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Tujuan

  • Terwujudnya pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu hukum dan ekonomi syariah secara integratif dan interkonektif yang berdasarkan pada nilai-nilai Ahlussnnah wal jama’ah.
  • Terwujudnya budaya riset dalam bidang ilmu hukum dan ekonomi syariah secara sistematis, inovatif, multidisipliner dan komprehensif.
  • Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu hukum dan ekonomi syariah yang bermanfaat dan berkelanjutan.
  • Terbangunnya jaringan kerjasama yang kokoh dan fungsional dengan berbagai pihak baik nasional maupun internasional.
  • Struktur Organisasi
Dekan : Drs. Moh. Subhan, M.E.I
Kaprodi Hukum Keluarga Islam (HKI) : Mohsi, M.H.I
Kaprodi Ekonomi Syariah (SE) : Ahmad Rofiki, M.E
Kabag T.U: Kamali, M.E
Kalab  : Ainullah, M.H
Ketua Senat Fakultas: Dr. Fahmi Assulthoni, M.H.I
Kordos: Mansur, M.H.I
  • Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu

Sebagai bagian dari IAI MU Pamekasan, Fakultas Syari’ah mampu mengembangkan integrasi dan interkoneksi studi keislaman dan keilmuan khususnya dalam bidang ilmu hukum dan ekonomi syariah serta menghasilkan lulusan yang unggul dan berakhlak mulia.

Adapun Sasaran Mutu Fakultas Syari’ah 2021-2026 adalah sebagai berikut:

  1. Karya penelitian dosen tentang integrasi interkoneksi studi keislaman dan keilmuan minimal 50%.
  2. Karya ilmiah dosen yang dipublikasikan pada jurnal internasional minimal 1 (satu) buah pertahun.
  3. Jumlah lulusan tepat waktu 8 semester minimal 70% dengan indeks prestasi minimal 3.00.
  4. Lulusan mampu aplikasi teknologi informasi dengan menunjukkan sertifikat minimal nilai “B”.
  5. Mahasiswa berprestasi tingkat nasional 5 orang dan internasional 1 orang.
  6. Pengabdian dosen kepada masyarakat minimal 5 kegiatan pertahun.
  7. Kerjasama nasional 5 kegiatan dan internasional minimal 1 kegiatan pertahun.
  • Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang tersedia pada Fakultas Syariah untuk menunjang proses  pembelajaran dan kreativitas mahasiswa antara lain:

  1. Ruang Perkuliahan
  1. Laboratorium Ilmu Falak
  2. Laboratorium Praktik Peradilan
  3. Laboratorium Mini Bank
  4. Laboratorium Kewirausahaan
  5. Ruang Referensi/Ruang Baca Fakultas
  6. Perpustakaan Terpadu
  7. Internet Hot-Spot
  8. Sistem Informasi Akademik (SIA) Online
  9. Pusat Pengembangan Bahasa
  10. Gedung Multi Purpose