Skip to content Skip to main navigation Skip to footer

Berkunjung Ke IAIMU Pamekasan, Prof. Abdul Hamid Syarif Bahas Pengembangan Kampus dan Pesantren

PAMEKASAN – Prof. Abdul Hamid Syarif, salah satu Tim Kerja Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN RI) berkunjung ke Institut Agama Islam Miftahul Ulum (IAIMU) Pamekasan, Ahad siang (24/97/2022), di Pondok Pesantren Miftahul Ulum (PPMU) Panyeppen, Potoan Laok, Palengaan, Pamekasan, Jawa Timur.

Kedatangan Mantar Wakil Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya itu untuk berdialog dengan Civitas Academica IAIMU Pamekasan dan Pengurus PPMU Panyeppen tentang pengembangan pesantren dan kampus.

Setibanya di lokasi pesantren, Prof. Abdul Hamid disambut oleh RKH. Khoirul Wafa Wafir Pengasuh PPMU Panyeppen, RKH. Taufik Rektor IAIMU Pamekasan dan KH. Muhdlar Abdullah Pengurus Yayasan Al-Miftah PPMU Panyeppen Bidang Pengembangan Pendidikan dan Pesantren.

Dalam sambutannya, RKH. Khoriul Wafa Wafir menyambut baik kehadiran Prof. Abdul Hamid, dan berharap dapat menjadi perantara kemajuan pendidikan di Pesantren secara umum, terlebih di PPMU Panyeppen.

“Mudah-mudahan kehadiran beliau ini bisa membawa hal positif dalam kemajuan lembaga pendidikan pesantren, khusus di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen ini,” harpnya.

Dalam kesempatan yang sama, RKH. Taufik menjabarkan proses awal berdirinya Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum, hingga alih bentuk menjadi Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan.

“Alhamdulillah, pencapai ini merupakan bagian dari cita-cita RKH. Mohammad Muddatstsir Badruddin, Pengasuh PPMU Panyeppen. Mudah-mudahan kehadiran Prof. Abdul Hamid ini bisa mendorong semangat kami dalam mewujudkan beberapa cita-cita pengasuh menjelang usia dua abad PPMU Panyeppen,” papar Ketua PCNU Pamekasan tersebut.

KH. Muhdlar Abdullah mewakili Ketua Yayasan Al-Miftah memuji sikap Prof. Abdul Hamid dalam menjalin komunikasi dan kerja sama dengan berbagai Pondok Pesantren, termasuk PPMU Panyeppen.

“Jadi, kesan pertama yang saya rasakan saat bertemu beliau ini adalah pola komunikasi yang sangat cair. Kemudian, yang kedua adalah komitmen beliau terhadap pengembangan pesantren dan pendidikan yang sangat luar biasa,” Puji KH. Muhdlar.

Dalam dialognya, Prof. Abd. Hamid menyampaikan, PPMU Panyeppen merupakan salah satu pesantren di Indonesia yang cukup kompleks dan sudah menjalankan fungsinya secara maksimal

“Dalam menjalankan fungsi pendidikan, Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen ini sudah sangat maksimal, hal itu bisa dilihat dari jenjang pendidikan yang ada, mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi. Kemudian, dalam fungsi dakwahnya juga demikian, bisa kita lihat betapa luar biasanya pesantren ini mengirimkan da’i sampai ke pelosok dan kepulauan terpencil di negeri ini,” jelasnya. (Bro/Her)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *