Skip to content Skip to main navigation Skip to footer

Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) merupakan cikal bakal berdirinya STAI Miftahul Ulum Pamekasan yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Yayasan Al-Miftah Panyepen Pamekasan, Nomor 25/SK-Yalmi/03/VII/1994, tanggal 14 Juli 1994 dan mendapatkan legalitas dari pemerintah dengan keluarnya izin operasional melalui Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia tanggal 19 Juli 1995 Nomor 322 Tahun 1995.

Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam terus berupaya melakukan berbagai pembenahan untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada Tahun Akademik 2009/2010, Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) berhasil meraih status TERAKREDITASI dengan nilai C berdasarkan SK BAN PT Nomor: 98/BAN-PT/Ak-VII/2009.

Kemudian, pada tahun akademik 2017/2018, Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam melakukan RE-AKREDITASI ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Alhmdulillah, dengan SK BAN PT No. 4208/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017, predikat B berhasil menjadi hasil maksimal yang bisa diperjuangkan.

VISI  

Menjadi Prgram Studi Yang Menghasilkan Tenaga Profesional dibidang Dakwah dan Konseling Islam pada tahun 2025.

MISI

  1. Menyelenggarakan pembelajaran Dakwah  dan Bimbingan Konseling Islam dengan pendekatan integrasi dan interkoneksi untuk melahirkan lulusan yang kompeten dan profesional.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang dakwah dan Bimbingan Konseling Islam dengan pendekatan integrasi dan interkoneksi untuk kepentingan akademik, stakeholders, dan masyarakat
  3. Melakukan pengabdian masyarakat melalui Dakwah dan Bimbingan Konseling Islam dalam membantu penyelesaian persoalan social keagamaan individu, keluarga dan masyarakat
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga dakwah, pendidikan, pemerintah, dan organisasi masyarakat yang memiliki komitmen dalam pengembangan kegiatan dakwah dan Bimbingan Konseling Islam dengan prinsip kemitraan.