Skip to content Skip to main navigation Skip to footer

Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan, mulai dirintis  pada tahun 1994 berdasarkan hasil keptusan rapat pengurus Yayasan Al-Miftah pada 10 maret 1994 serta restu pengasuh Pondok pesantren miftahul panyeppen RKH. Moh. Muddatstsir Badruddin dan sukses terdaftar dengan nama STAI Miftahul Ulum Pamekasan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, Nomor 322 Tahun 1995 STAI secara resmi dibuka di PP. Miftahul Ulum Panyeppen Palengaan Pamekasan. Adapaun visi STAI MU Pamekasan adalah Mewujudkan Sekolah Tinggi berbasis keilmuan yang dilandasi aqidah Islam ahlus sunnah wal-jamaah dan berakhlakul karimah, serta memiliki kepedulian terhadap masalah sosial, budaya, kemanusiaan dan tata nilai dalam masyarakat Kampus STAI Miftahul Ulum Pamekasan telah terakreditasi dengan predikat baik berdasarkan surat keputusan BAN PT Nomor : 181/SK/BAN-PT/Ak-PKP/PT/V/2020

Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan berdiri diatas tanah seluas 15 hektar (1500 M2) di Pondok Pesantren Miftahul Panyeppen Palengaan Pamekasan dan didirikan di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kebun Baru khusus mahasiswi. Dengan system perkulihan dan tata kerja terpisah antara mahasiswa dan mahasiswi upaya melestarikan budaya pesantren dalam berpendidikan di perguruan tinggi serta mewujdukan cita-cita pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen.

STAIMU Pamekasan memulai membuka perkuliyahan dengan program studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam dengan jurusan Dakwah dan mengembangkan pada jurusan Tarbiyah dan Syariah, sampai dengan enam prodi yaitu; BPI, PAI, HKI, MD, PBA dan ES.

Pada tahun 2021 STAIMU sukses dalam upaya alih bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan berdasarkan Surat Keputusan Mentri Agama Republik Indonesia Nomor : 325 Tahun 2021.

Foto bersama pimpinan kampus IAIMU Pamekasan

Agar lebih tertata dalam manajemen keuangan STAI Miftahul Ulum Pamekasan bekerjasama denga BMT Mawaddah PP. Miftahul Ulum Panyeppen sebagai pusat pelayanan baik bagi mahasiswa ataupun dosen dan pengelola dilingkungan Kampus STAIMU Pamekasan yang meliputi pembayaran Pendaftaran, SPP, Ujian dan lain sebagainya.

Kampus Relegius, Kampus di pondok pesantren dengan Mahasiswa Santri, ada di Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan yang berlandaskan aqidah Ahlussunnah wal jamaah, dibawah naungan Yayasan Waqaf, sosial, Pendidikandan Dakwah Islamiyah Al-Miftah